KRITIK NORMATIF

4 Jan

NAMA : SANDRA DESNIA E.P

KELAS : 4TB02

NPM    : 2631208

 

Definisi

Hakikat kritik normatif adalah adanya keyakinan (conviction) bahwa di lingkungan dunia manapun, bangunan dan wilayah perkotaan selalu dibangun melalui suatu model, pola, standard atau sandaran sebagai sebuah prinsip. Dan melalui ini kualitas dan kesuksesan sebuah lingkungan binaan dapat dinilai. Norma bisa jadi berupa standar yang bersifat fisik, tetapi adakalanya juga bersifat kualitatif dan tidak dapat dikuantifikasikan. Norma juga berupa sesuatu yang tidak konkrit dan bersifat umum dan hampir tidak ada kaitannya dengan bangunan sebagai sebuah benda konstruksi. Sebagai contoh adalah slogan yang berkembang pada beberpa Negara dan berperan kuat terhadap perkembangan arsitektur seperti form follow function.

 

Contoh :

STASIUN TUGU YOGYAKARTA

Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Kereta api merupakan alat transportasi jarak jauh ataupun jarak dekat dengan jarak waktu tempuh yang lebih cepat dibandung jalur darat lainnya, misalkan bis ataupun kendaraan pribadi. Maka dari itu banyak warga berminat menggunakan alat transportasi ini.

Salah satu contohnya yaitu stasiun tugu yogyakarta yang berada di kota yogyakarta. Stasiun ini sering digunakan penumpang untuk jarak jauh antar kota dan juga keluar kota.

IMG_2431.JPG

Sumber : lh6.googleusercontent.com

d.jpg

Sumber : http://3.bp.blogspot.com/

Salah satu stasiun di yogyakarta ini mempunyai kereta yang mempunyai jarak tempuh yang jauh yaitu ke luar kota. Stasiun ini sangat ramai untuk warga yang ingin menggunakan transportasi ini. Entah dari transportasi mudik, liburan, maupun untuk keperluan pekerjaan. Kereta api di stasiun tugu yogyakarta ini tidak pernah sepi apalagi saat musim liburan.

Stasiun ini bisa dibilang ramai karena berada di jalan yang strategis dan dekat tugu yogyakarta. Ditambah lagi letaknya disamping persis pasar malioboro yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ataupun warga sekitar.

tugu-yogya.jpg

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/-kkRe5y22HgE/UEghrme_HtI/AAAAAAAAATo/rPREQ6popj4/s1600/tugu-yogya.jpg

124701_malioboro.jpg Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/03/28/124545/2206096/1383/serunya-liburan-24-jam-di-yogyakarta

seperti kita ketahui, stasiun merupakan tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang kereta api. Bahkan tempat untuk membeli tiket dan juga menunggu kereta yang belum datang. Maka dari itu fasilitas yang dibutuhkan stasiun kereta api yaitu :

  • Fasilitas parkir di muka stasiun
  • Tempat penjualan tiket dan loket informasi
  • Peron atau ruang tunggu
  • Ruang kepala stasiun
  • Ruang PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) beserta peralatannya, seperti sinyal, wesel (alat pemindah jalur)

 

Ketika pertama kali saya menginjakkan kaki di stasiun tugu yogyakarta ini, kereta yang ingin dinaikki pun masih lama datangnya (karena saya kepagian) dan belum diizinkan masuk. Lalu saya menunggu diruang tunggu dekat tempat loket pembelian tiket. b.jpg

Sumber : http://jalanjogja.com/stasiun-tugu/

1394287503740586196

Sumber : https://pasangmata.detik.com/contribution/13389

Pintu utama ini adalah ruang tunggu untuk penumpang yang belum datang keretanya dan belum dibuka untuk masuk lebih dalam (masuk menggunakan tiket) dan juga ruang untuk pembelian tiket. Seperti kita lihat, ruang tunggu ini mempunyai interior yang bagus dengan kolom yang besar. Tetapi ruang tunggu ini tidak mempunyai kursi untuk duduk, sehingga penumpang yang datang kepagian pun duduk di lantai.

 

Stasiun-KA-Tugu-Jogja-Yogyakarta-2015-v-gPa2e7l9AoA.jpg

Sumber : http://www.dragtimes.com/video-viewer.php?v=tZTOS912n_Q&feature

Bahkan banyak penumpang yang datang kepagian serta menunggu panggilan antrian pembelian loket pun duduk di sekitar kolom ruang tersebut.

 

Seperti kita ketahui, dalam ruang utama saat memasuki pintu masuk stasiun tugu yogyakarta ini merpakan tempat antrian loket lalu menunggu, tempat penukaran tiket online, dan terdapat costumer service (yang berfungsi untuk pembatalan tiket dan informasi), dan tempat menunggu kedatangan kereta. Maka dari itu diperlukan kursi untuk penumpang.20140806_123812_relawan-customer-service-dari-railfan.jpg

Sumber : http://www.tribunnews.com/

a.jpg

Sumber : http://farm9.staticflickr.com/

38566415.jpg

Sumber : http://static.panoramio.com/photos/large/38566415.jpg

juyfgukhl.jpg

Sumber : http://jalanjogja.com/stasiun-tugu/

Meski demikian, stasiun tugu yogyakarta ini mempunyai pegawai costumer service yang ramah, dan juga stasiun yang bersih. Apabila sudah masuk kedalam, memasuki peron juga terdapat bangku untuk menunggu yang lumayan banyak.

 

Referensi : http://oktavindah.blogspot.co.id/2014/01/tugas-kriteik-arsitektur.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: