TULISAN I. KULIAH LAPANGAN ARSITEKTUR/STUDY

23 Apr

Phoenix International Media Center / BIAD UFo

Courtesy of

Arsitek: BIAD UFO
Lokasi: Beijing, Cina
Klien: Phoenix Satellite Television
Tahun Proyek: 2009-2012
Lokasi proyek: 64.973 sqm
Fotografi: Courtesy of BIAD UFO

Phoenix International Media Center menempatkan di sudut barat daya Taman Chaoyang; daerah situs 1,8 hektar. Total luas lantai bangunan adalah 65,000m2 dengan ketinggian 55m. Terlepas dari kantor media, studio penyiaran dan kantor produksi, bangunan menyediakan berlimpah ruang terbuka bagi publik untuk mendapatkan pengalaman interaktif, yang menyatakan konsep operasi yang unik dari Phoenix Media. Logika konsep desain adalah untuk menciptakan sebuah shell lingkungan ekologi mencakup ruang fungsional individu sebagai konsep bangunan-in-building. Dua menara perkantoran independen di bawah shell menghasilkan banyak ruang publik bersama. Di bagian timur dan barat dari ruang-ruang bersama, ada langkah-langkah yang berkelanjutan, platform lansekap, landai langit dan melintasi eskalator yang mengisi pembangunan ruang energik dan dinamis. Selanjutnya, bentuk bangunan patung berasal dari “Mobius Strip”. Bentuk patung menyediakan bangunan hubungan harmonis dengan arah yang tidak teratur dari jalan-jalan yang ada, duduk sudut situs, dan Chaoyang Park.

First Floor Plan

Integritas terus menerus dan permukaan halus bangunan mengekspresikan budaya perusahaan topologi Phoenix Media. Elevasi perbedaan antara ruang selatan dan utara internal yang mampu memberikan kualitas sinar matahari, ventilasi dan melihat pemandangan ke menara kantor, sementara menghindari silau dan suara untuk ruang siaran. Selain itu, perbedaan elevasi juga menghindari menghalangi sinar matahari ke bangunan perumahan di arah utara.

Rendering

Selain itu, konsep hemat energi dan rendah karbon juga diterapkan dalam desain bangunan. Alih-alih pengaturan saluran pipa di permukaan halus, air hujan akan dikumpulkan dengan menjatuhkan alami sepanjang tulang rusuk struktural ke dalam tangki koleksi yang menempatkan di bagian bawah bangunan. Setelah disaring, air hujan akan didaur ulang untuk air waterscape artistik dan irigasi untuk lanskap. Selain nilai estetika bentuk arsitektur, selama musim dingin berangin Beijing, permukaan halus dan bentuk bulat juga mengurangi dampak angin jalan yang parah dari bangunan bertingkat tinggi. Sementara itu, shell juga menyediakan ruang buffer iklim untuk ruang fungsional sebagai “Lambang Hijau”.

Courtesy of BIAD UFo

Lapisan luar ganda bangunan dapat meningkatkan kenyamanan dalam bidang fungsional, dan mengurangi konsumsi energi. Teknologi digital diterapkan untuk menyesuaikan ruang fisik shell eksterior dan volume dalam justru untuk memastikan pertandingan yang tepat antara jahitan. Ruang bersama berbentuk kerucut, yang tinggi 30 meter, menghasilkan efek cerobong asap, yang menyediakan ventilasi udara alami untuk menghemat energi selama musim peralihan.

Section

REFERENSI :

Jett, Megan. “In Progress: Phoenix International Media Center / BIAD UFo” 05 Sep 2011. ArchDaily. Accessed 22 Apr 2015. <http://www.archdaily.com/?p=165746&gt;

http://www.archdaily.com/165746/in-progress-phoenix-international-media-center-biad-ufo/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: